Cek Fakta: Benarkah Jokowi Didukung Pemimpin Dunia untuk Jadi Presiden RI Seumur Hidup? Ini Faktanya

Cek Fakta: Benarkah Jokowi Didukung Pemimpin Dunia untuk Jadi Presiden RI Seumur Hidup? Ini Faktanya

Beritaislam - Pemberitaan mengenai Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) selalu menarik banyak atensi masyarakat Indonesia terlebih dari benar atau tidaknya pemberitaan tersebut.

Sebuah akun di Facebook bernama Yunus Pasanreseng Andi Padi membagikan sejumlah foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan sejumlah pemimpin dunia lainnya, dari Donald Trump hingga Xi Jinping.

Foto yang diunggah akun tersebut juga bertuliskan, "Dukungan terhadap JOKOWI JADI PRESIDEN RI SEUMUR HIDUP.”

Tak hanya itu, akun Yunus juga menuliskan sebuah narasi postingan pertanyaan kepada anggota grup Facebook SETIA DUKUNG JOKOWI-MA’RUF AMIN #2019-2024.

Berdasarkan hasil penelusuran PikiranRakyat-Cirebon.com dari Mafindo, foto tersebut bukanlah bentuk dukungan pemimpin dunia kepada Presiden Jokowi untuk menjadi Presiden RI seumur hidup.

Foto tersebut merupakan dokumentasi kegiatan dalam acara Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) leaders’ summit di Vietnam pada 11 November 2017 silam.

Foto asli tersebut merupakan hasil jepretan Jorge Silva, fotografer AFP yang dapat dilihat di laman gettyimages.com.

Benarkah Jokowi Didukung Pemimpin Dunia untuk Jadi Presiden RI Seumur Hidup? Ini Faktanya


Foto tersebut juga digunakan di sejumlah media, seperti yang diberitakan media pemberitaan internasional ABC, dalam tulisan bertajuk World leaders gather at APEC summit yang dirilis pada tahun 2017.

Foto yang diunggah oleh ABC bisa dilihat dalam link sebagai berikut, https://www.abc.net.au/news/2017-11-11/world-leaders-gather-apec-summit-vietnam/9141586?nw=0

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa konten yang dibagikan akun Yunus merupakan informasi hoaks yang memelintir konteks foto aslinya.

Oleh sebab itu, informasi tersebut masuk ke dalam kategori hoaks False Context atau Konten yang Salah.

Sumber: PR Cirebon

[news.beritaislam.org]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini