Temui Ribuan Perangkat Desa, Jokowi Ditagih Janji Pengangkatan PNS







Beritaislam - Presiden Joko Widodo menyambangi ribuan perangkat desa Indonesia yang berkumpul di Istora Senayan, Jakarta, Senin (14/1) pagi. Jokowi yang mengenakan kemeja batik berwarna cokelat lengan panjang langsung masuk ke arena Istora.

Jokowi disambut riuh para perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia. Ribuan perangkat desa itu memanggil -manggil nama Jokowi.

“Jokowi, Jokowi, Jokowi,” teriak para perangkat desa yang berasal dari sejumlah daerah.

Jokowi pun menyempatkan diri menyalami perangkat desa yang duduk lesehan di Istora. Mereka mengelurkan tangannya ke arah Jokowi dan disambut oleh mantan wali kota Solo.

Meskipun demikian, sejumlah perangkat desa meneriakkan seruan menagih janji kepada Jokowi. Mereka meminta Jokowi merealisasikan janjinya mengangkat sebagai aparatur sipil negara (ASN).


“Mau mengangkat PNS pada 2014, tapi sekarang belum terealisasi,” kata Agus (46), kepala dusun Krajan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Hadir juga Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menpan RB Syafrudin, dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko.

Pengangkatan perangkat desa menjadi PNS secara bertahap adalah salah satu program yang dijanjikan Jokowi dalam kampanye Pilpres lalu.

Pemerintah diketahui juga bakal mereformasi struktur dan tatanan perangkat desa sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Wacana reformasi ini juga muncul setelah beberapa kepala desa diketahui menginginkan penyematan status pegawai negeri sipil (PNS) pada jabatan mereka. (cnni)

[news.beritaislam.org]
Banner iklan disini

Subscribe to receive free email updates: