Relawan Asing Diusir Dari Palu, Netizen: Relawan asing diusir, sedangkan pekerja asing didatangkan






Relawan Asing Diusir Dari Palu, Netizen: Relawan asing diusir, sedangkan pekerja asing didatangkan

Beritaislam - RELAWAN ASING DIUSIR dari SULTENG

Media terkemuka Spanyol El Mundo mengungkap: Pelarangan ini "dimotivasi oleh pemilihan presiden yg akan datang." Joko Widodo (presiden saat ini) tidak ingin tampak lemah (dlm menangani bencana).


Niat menolong malah berujung pengusiran. Pengalaman tak sedap ini dialami relawan asing di kawasan bencana di Sulawesi Tengah saat berusaha membantu korban gempa bumi dan tsunami Palu yang hingga kini sudah mencatat lebih dari 2.000 korban jiwa, 5.000 orang hilang dan sekitar 200.000 penduduk yang kehilangan tempat tinggal.

Pasalnya pemerintah Indonesia telah menyatakan tidak membutuhkan bantuan relawan asing, meski membuka keran bantuan internasional hanya sepekan sebelumnya. Sontak kebijakan ini membuat kecewa tim SAR dan tenaga kemanusiaan luar negeri yang telah datang ke Indonesia.

Ahmed Bham yang bekerja untuk LSM Afrika Selatan, Gift of the Givers, mengaku pihaknya mendapat kabar Indonesia melarang anggota Urban Search and Rescue Team (USAR) mengangkut jenazah korban. Dia diberitahu "semua anggota tim USAR harus kembali ke negaranya masing-masing. Mereka tidak dibutuhkan di Indonesia," tutur Ahmed.

Padahal relawan yang dikirimkan ke Indonesia memiliki kualifikasi. "Kami memiliki tim SAR yang sangat berpengalaman dengan peralatan khusus. Saya ingin menggunakannya (untuk membantu penanganan bencana disini)," ujarnya kepada AFP di Palu.

[AFP]

Baca: El Mundo Ungkap Pengusiran Relawan Asing di Palu Terkait Pilpres



Komentar warganet:

@galih_dhan

Perbedaan relawan asing dengan pekerja asing

Relawan asing diusir, sedangkan pekerja asing didatangkan.

:)










[news.beritaislam.org]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Relawan Asing Diusir Dari Palu, Netizen: Relawan asing diusir, sedangkan pekerja asing didatangkan"

Post a Comment