Dihujat Afi Nihaya, Begini Pembelaan Wasit Jiujitsu Buat Miftahul Jannah






Dihujat Afi Nihaya, Begini Pembelaan Wasit Jiujitsu Buat Miftahul Jannah

Beritaislam - Kejadian diusirnya Miftahul Jannah karena menolak lepas hijab masih hangat diperbincangkan. Apalagi setelah Afi Nihaya habis-habisan menghujat Miftahul dengan tulisan yang tidak berdasar.



Adalah Anggi Valentinata Goenadi, seorang wasit Jujitsu di Asian Games 2018, angkat bicara membela Miftahul Jannah. Begini tulisannya, diambil dari laman medsosnya.

Saya tergelitik untuk angkat pendapat soal polemik basi yang sering berulang ini.

Sebenernya sih males juga, karena masalahnya klasik dan alasan yang keluar selalu lagu lama.

.
Tapi berhubung sudah ada hoax soal Jujitsu 🤣, saya jadi pengen berpendapat deh. Ini pendapat pribadi ya, gak ada hubungannya dengan background tugas di organisasi atau profesi.

Kebetulan saya adalah bagian dari tim TO/Wasit cabor Jujitsu di Asian Games 2018, Cabor Jujitsu di Asian Games 2018 yang dipertandingkan adalah nomor grappling / newaza yang isinya gak jauh2 dari choke atau kuncian, dan TAHU KAH ANDA bahwa Jilbab / Hijab DIPERKENANKAN. (Lihat foto, official pict dari Akun IG Jujitsu Asian Union-Federasi Jujitsu Asia)


Saya rasa alasan keselamatan itu kurang masuk akal, karena:

.

1. Di atas matras ada wasit yang salah 1 tugasnya minimalisir resiko. Kalau ada indikasi kecurangan / ketidak sengajaan melakukan hal2 yang terlarang, misal choke pakai hijab (emang sakit ya? 🤣), wasit bisa berhentikan.

Fyi aja nih, kalau atlet hijabnya mencong dikit aja, biasa wasit merintahkan untuk stop pertandingan, dan disuruh benerin tuh hijab, sulit dipikirkan kalau hijab bisa dipakai untuk ngechoke sampai BAHAYA. Besok saya coba deh pakai hijab renang istri saya buat nge choke leher saya, sakit mana sama di collar choke pakai Judo Gi. 🤣🤣🤣

.

2. Material jilbab juga tipis lentur, tidak seperti Judo Gi atau seragam pertandingan yang tebal dan kasar, apalagi posisinya jelas melingkar di leher, itu resiko bahaya terbesar, tapi TAHU KAH ANDA, collar choke atau mencekik dengan kerah Gi yang tebel itu legal loh di pertandingan Newaza Jujitsu. tercekik hijab sekuatnya saya pikir dampaknya gak akan sebahaya collar choke.

.

3. Kalau toh tercekik, atlet juga tidak sebodoh itu membiarkan dirinya sampai celaka, apalagi mati konyol. TAHU KAH ANDA ada istilah Tap Out dalam pertandingan, artinya atlet menyerah dan tidak bisa melanjutkan pertandingan. (mirip kejadian si sombong Mc Gregor saat dikalahkan Khabib)

.

4.Terlepas dari itu, otoritas federasi internasional Judo untuk menentukan aturan itu, masalahnya adalah kenapa bisa sampai Misskomunikasi di kontingen, mana kontingen tuan rumah lagi.

Udah itu aja dulu, saya mau pinjem hijab istri buat belajar Hijab Choke.😎 [rdr]

[news.beritaislam.org]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dihujat Afi Nihaya, Begini Pembelaan Wasit Jiujitsu Buat Miftahul Jannah"

Post a Comment