Cek Wikipedia, Gerindra Pertanyakan Benarkah TGB Pro-Jokowi karena Ipar Luhut?



Beritaislam.org - Dukungan TGB yang berbelok ke Jokowi menyisakan tanda tanya. Kali ini, muncul dugaan baru: benarkah TGB ipar Luhut Pandjaitan, si pendukung Jokowi nomor satu?

Berubahnya arah dukungan Tuan Guru Bajang (TGB) dari kubu Prabowo ke Jokowi masih menyisakan tanda tanya dan kekecewaan besar bagi sebagian orang. Wacana sanksi untuk TGB dari Partai Demokrat sempat menyeruak, menyusul rencana penghapusan nama TGB dari daftar calon presiden (capres) oleh PA 212.

Partai Gerindra, misalnya. Terkait masalah TGB, Gerindra baru saja menemukan sebuah fakta baru: menurut laman Wikipedia, TGB dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan adalah saudara ipar!

Dalam laman Wikipedia TGB (Muhammad Zainul Majdi), tertulis nama Luhut Binsar Pandjaitan sebagai kakak ipar. Sementara itu, laman Wikipedia Luhut (Luhut Binsar Panjaitan) mencatat bahwa TGB adalah adik iparnya.

Data-data tersebut ini hanya muncul di halaman Wikipedia bahasa Indonesia. Data yang sama tidak ditemukan dalam halaman Wikipedia berbahasa Inggris.


Informasi Pribadi Luhut di Wikipedia (source: id.wikipedia.org)


Informasi Pribadi Luhut di Wikipedia (source: id.wikipedia.org)

Sebagaimana ditulis oleh banyak media, TGB, yang bernama asli Muhammad Zainul Majdi, kini memiliki istri bernama Erica L Panjaitan setelah resmi bercerai dari Rabiatul Adawiyah. Erica L Panjaitan yang lebih sering dikenal dengan nama Erica Majdi inilah yang disebut sebagai saudara Luhut Binsar Pandjaitan karena memiliki marga yang sama.

Atas dasar dugaan TGB ipar Luhut Pandjaitan inilah, Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade menyimpulkan bahwa dukungan TGB kepada Jokowi merupakan dukungan yang melibatkan perasaan—atau dukungan emosional.

“Kalau informasi itu benar, ini mungkin jadi salah satu alasan Pak TGB mendukung Pak Jokowi. Karena kita tahu, Pak Luhut adalah orang dekat Pak Jokowi yang menjadi garda terdepan membela Pak Jokowi selama ini,” jelas Andre, sebagaimana dikutip dari Detik.

Namun, Gerindra secara sadar menyadari bahwa Wikipedia adalah halaman web yang bebas-edit dan terbuka. Artinya, pengguna internet bisa saja mengubah informasi ini dengan tujuan tertentu. Untuk itu, Gerindra—melalui Andre—meminta kedua belah pihak melakukan klarifikasi.

Sebelumnya, santer beredar kabar TGB curhat kepada Luhut Pandjaitan mengenai reaksi publik yang harus dihadapinya setelah memutuskan mendukung Jokowi secara terbuka. Namun demikian, TGB menolak jika obrolannya digolongkan sebagai curhat.

Menurut TGB, pembicaraannya berkisar soal pembangunan NTB dan Jokowi.

“Saya menyampaikan kepada beliau tentang perkembangan pembangunan NTB dan beliau juga incharge di dalam menyelesaikan masalah Mandalika, khususnya 100 hektare lebih tanah terhambat selama hampir 30 tahun.”

Perihal topik mengenai Jokowi, TGB menyebutkan pembicaraannya dimulai karena Luhut menanyainya soal pernyataannya yang mendukung Jokowi. (Sumber)


[news.beritaislam.org]
Banner iklan disini