Fenomena Gempa, Bencana ini Sudah Dikabarkan dalam Al-Qur'an. Segera Bertaubat!

Ilustrasi (sehatq)


Berita
islam
- Gempa bumi dengan kekuatan M 6,7 yang berpusat di Banten, guncangannya sampai ke Jakarta. Gempa ini terjadi pada Jum'at (14/1) sekitar pukul 16.05 WIB. Gempa akan membuat kaget dan rasa ketakutan yang tinggi bagi masyarakat yang terdampak. Masyarakat akan panik dengan datangnya gempa bumi karena menyebabkan runtuhnya bangunan yang bisa menimpa manusia. Ini akan berujung pada tertimbunnya manusia dan menyebabkan kematian.

Tapi bagi orang beriman, gempa bukan hanya sekadar musibah. Gempa adalah peringatan dari Allah Ta'ala buat manusia. Bisa juga disebut sebagai azab kecil atau azab dunia. Hal itu telah ditegaskan Allah dalam Al-Qur'an Surat Al-An'am ayat 65.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :

قُلۡ هُوَ الۡقَادِرُ عَلٰٓى اَنۡ يَّبۡعَثَ عَلَيۡكُمۡ عَذَابًا مِّنۡ فَوۡقِكُمۡ اَوۡ مِنۡ تَحۡتِ اَرۡجُلِكُمۡ اَوۡ يَلۡبِسَكُمۡ شِيَـعًا وَّيُذِيۡقَ بَعۡضَكُمۡ بَاۡسَ بَعۡضٍ‌ؕ اُنْظُرۡ كَيۡفَ نُصَرِّفُ الۡاٰيٰتِ لَعَلَّهُمۡ يَفۡقَهُوۡنَ

“Katakanlah, ‘Dialah yang berkuasa untuk mengirimkan azab kepadamu, dari atas kamu atau dari bawah kakimu atau Dia mencampurkan kamu dalam golongan-golongan (yang saling bertentangan) dan merasakan kepada sebahagian kamu keganasan sebahagian yang lain. Perhatikanlah, betapa Kami mendatangkan tanda-tanda kebesaran Kami silih berganti agar mereka memahami(nya)’,” (QS. Al-An’am: 65).

Ayat itu menegaskan bencana gempa pun Allah telah kabarkan dalam Al-Quran. Dimana, bencana serupa juga telah menimpa umat-umat terdahulu. Dan hal itu adalah sebagai bentuk kekuasaan Allah.

Dalam ayat lain Allah juga berfirman,

فَكَذَّبُوۡهُ فَاَخَذَتۡهُمُ الرَّجۡفَةُ فَاَصۡبَحُوۡا فِىۡ دَارِهِمۡ جٰثِمِيۡنَ

“Maka mereka mendustakan Syu’aib, lalu mereka ditimpa gempa yang dahsyat, dan jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat-tempat tinggal mereka,” (QS. Al-Ankabut: 37).

Peristiwa gempa besar semestinya menggerakkan hati manusia untuk mengakui bahwa Allah itu maha keras siksaannya. Syaikh. Abdurrazzak bin Abdul Muhsin Al Badr dalam rusalahnya yang sudah diterjemahkan mengatakan, dalam kejadian dan musibah gempa, seorang muslim harus melakukan berbagai renungan keimanan, sehingga akan menambah keshalihan dan kedekatannya kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, juga menambah rasa takutnya untuk bertemu dan berhadapan dengan-Nya.

Selain itu seorang muslim juga akan mengambil hikmah dan pelajaran dari tanda-tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahwa sangat berkuasa atas segala sesuatu di muka bumi. Dengan kata lain, gempa adalah tanda kebesaran Allah Azza wa Jalla.

Tidak ada seorangpun yang bisa menolak keputusan-Nya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

قُلْ هُوَ الْقَادِرُ عَلَىٰ أَن يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عَذَابًا مِّن فَوْقِكُمْ أَوْ مِن تَحْتِ أَرْجُلِكُمْ أَوْ يَلْبِسَكُمْ شِيَعًا وَيُذِيقَ بَعْضَكُم بَأْسَ بَعْضٍ ۗ انظُرْ كَيْفَ نُصَرِّفُ الْآيَاتِ لَعَلَّهُمْ يَفْقَهُونَ

"Katakanlah : Dialah yang berkuasa untuk mengirimkan azab kepadamu, dari atas kamu atau dari bawah kakimu atau Dia mencampurkan kamu dalam golongan-golongan (yang saling bertentangan) dan merasakan kepada sebahagian kamu kepada keganasan sebahagian yang lain. Perhatikanlah, betapa Kami mendatangkan tanda-tanda kebesaran Kami silih berganti agar mereka memahami(nya)". (QS. Al-An’am : 65)."

Wallahu A'lam

kalam.sindonews

[news.beritaislam.org]

0 Response to "Fenomena Gempa, Bencana ini Sudah Dikabarkan dalam Al-Qur'an. Segera Bertaubat!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini