Tambang Ilegal di Kalsel, Dua WNA China Diciduk Beserta Puluhan Truk dan Alat Berat

Tambang Ilegal di Kalsel, Dua WNA China Diciduk Beserta Puluhan Truk dan Alat Berat


Beritaislam - Polisi telah mencyduk warga negara asing (WNA) China dan menyita puluhan truk beserta alat berat di Kalsel.

Alat-alat berat tersebut saat ini telah disita polisi dan diberi police line. Dalam penyitaan itu polisi menyita dosser atau bego dan puluhan truk pengangkut tambang.

Mengutip dari laman klikalsel.com, Polres Tanah Bumbu (Tanbu) menciduk dua WNA asal Cina dan 3 orang lainnya atas dugaan pertambangan tanpa izin di Desa Mangkal Api, Kecamatan Teluk Kepayang, Senin (22/11/2021) malam. Tak hanya itu, polisi turut menyita puluhan truk dan belasan alat berat.

Kapolres Tanbu AKBP Himawan Sutanto Saragih melalui Kasi Humas AKP H I Made membenarkan kejadian penangkapan dugaan tindak pidana pertambangan ilegal tersebut. Penangkapan berdasarkan Undang-Undang Nomor 03 Tahun 2020 tentang perubahan Undang-undang Nomor 02 tahun 2009, tentang Mineral dan Batubara junto 55 KUHP.

Tambang Ilegal di Kalsel, Dua WNA China Diciduk Beserta Puluhan Truk dan Alat Berat



“Untuk pelakunya masih lidik karena penyidik lagi melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Kalau sudah gelar perkara baru nanti akan ditetapkan siapa pelakunya. Untuk sementara belum bisa menentukan siapa yang akan dijadikan pelakunya,” jelasnya didampingi Kasat Reskrim saat dikonfirmasi awak media, Selasa (23/11/2021).

Dua WNA asal Cina yang diamankan tersebut yakni insial LN dan LZ. Keduanya bekerja di salah satu perusahaan tambang di Tanbu. Kemudian tiga orang lainnya yakni DG sebagai juru bicara, A dan SR selaku operator alat berat.

Sementara itu, alat bukti yang diamankan diantaranya 9 unit alat berat jenis excavator, 3 unit jenis dozer dan 20 unit dump truck.

[news.beritaislam.org]

0 Response to "Tambang Ilegal di Kalsel, Dua WNA China Diciduk Beserta Puluhan Truk dan Alat Berat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini