Terlilit Hutang Jangan Langsung Berdoa, Baca Ayat Ini Dulu, Pasti Segera Lunas. Begini Kata Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat /Tangkap Layar Youtube/Adi Hidayat Official


Berita
islam
- Kali ini Ustadz Adi Hidayat mengungkal tentang ayat yang memiliki keutamaan terkait hutang.

Seseorang yang membacakannya akan mendapat bantuan langsung dari Allah, sehingga mudah untuk melunasi.

Bahkan, sebaiknya dibacakan ayat itu terlebih dahulu sebelum memohon doa dalam bahasa sendiri. Begitulah maksud Ustadz Adi Hidayat.

Dilansir PortalJember.com dari video yang diunggah kanal YouTube Ceramah Pendek pada Jumat, 22 Desember 2017 mengungkap tentang ayat yang dimaksud.

Setiap manusia pasti ingin hidup dengan nyaman tanpa adanya masalah yang membuat semua berantakan.

Namun, Allah pasti akan selalu memberikan ujian bagi umatnya agar imannya semakin meningkat.

Pada dasarnya, segala ujian atau cobaan yang diberikan tidak akan melampaui batas kekuatan seorang hamba.

Maka dari itu, Allah akan selalu memberi jalan keluar dari setiap permasalahan yang dihadapi.

Salah satu masalah yang paling umum terjadi di masyarakat, yaitu perkara hutang piutang.

Seseorang yang memiliki hutang kepada pihak lain, wajib hukumnya untuk melunasi agar tidak ditagih saat di akhirat.

Selain memberikan ikhtiar secara fisik dengan bekerja, seseorang juga diperintahkan untuk mendekat kepada Allah agar berhasil melunasi.

Ada banyak amalan dalam Islam dengan keutamaan untuk melunasi hutang yang melilit seseorang.

Hal itu dijelaskan Ustadz Adi Hidayat ketika ditanya oleh seorang pemuda yang ingin melunasi hutang orang tuanya di bank.

Ulama asal Pandeglang, Banten itu menyarankan si anak untuk memberikan nasihat dengan baik dulu kepada orang tua.

Kemudian diminta untuk membacakan satu ayat dalam Quran yang memiliki keutamaan untuk melunasi hutang.

Seseorang yang membacakannya dengan tulus dan mengerti maknanya, niscaya akan Allah beri kemudahan.

Adapun ayat yang dimaksud itu terdapat dalam Quran Surat Al Baqarah ayat ke-282.

"Bacakan semua ayatnya, setelah itu antum mohon kepada Allah," katanya menjelaskan.

Setelah membaca ayat yang dimaksud, maka bisa dilanjutkan dengan berdoa sesuai keinginan.

"Hamba mohon ya Rabb, anugerahkan hamba rezeki terbaik untuk menutup hutang ibunda hamba," ungkapnya mencontohkan doa yang bisa dibacakan.

Itulah saran dari Ustadz Adi Hidayat bagi seseorang yang sedang terlilit hutang agar mudah untuk melunasi.

QS. Al-Baqarah Ayat 282

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا تَدَايَنۡتُمۡ بِدَيۡنٍ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى فَاكۡتُبُوۡهُ ‌ؕ وَلۡيَكۡتُب بَّيۡنَكُمۡ كَاتِبٌۢ بِالۡعَدۡلِ‌ ۚ وَلَا يَاۡبَ كَاتِبٌ اَنۡ يَّكۡتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللّٰهُ‌ فَلۡيَكۡتُبۡ ‌ۚوَلۡيُمۡلِلِ الَّذِىۡ عَلَيۡهِ الۡحَـقُّ وَلۡيَتَّقِ اللّٰهَ رَبَّهٗ وَلَا يَبۡخَسۡ مِنۡهُ شَيۡـــًٔا ‌ؕ فَاِنۡ كَانَ الَّذِىۡ عَلَيۡهِ الۡحَـقُّ سَفِيۡهًا اَوۡ ضَعِيۡفًا اَوۡ لَا يَسۡتَطِيۡعُ اَنۡ يُّمِلَّ هُوَ فَلۡيُمۡلِلۡ وَلِيُّهٗ بِالۡعَدۡلِ‌ؕ وَاسۡتَشۡهِدُوۡا شَهِيۡدَيۡنِ مِنۡ رِّجَالِكُمۡ‌ۚ فَاِنۡ لَّمۡ يَكُوۡنَا رَجُلَيۡنِ فَرَجُلٌ وَّامۡرَاَتٰنِ مِمَّنۡ تَرۡضَوۡنَ مِنَ الشُّهَدَآءِ اَنۡ تَضِلَّ اِحۡدٰٮهُمَا فَتُذَكِّرَ اِحۡدٰٮهُمَا الۡاُخۡرٰى‌ؕ وَ لَا يَاۡبَ الشُّهَدَآءُ اِذَا مَا دُعُوۡا ‌ؕ وَلَا تَسۡـــَٔمُوۡۤا اَنۡ تَكۡتُبُوۡهُ صَغِيۡرًا اَوۡ كَبِيۡرًا اِلٰٓى اَجَلِهٖ‌ؕ ذٰ لِكُمۡ اَقۡسَطُ عِنۡدَ اللّٰهِ وَاَقۡوَمُ لِلشَّهَادَةِ وَاَدۡنٰۤى اَلَّا تَرۡتَابُوۡٓا اِلَّاۤ اَنۡ تَكُوۡنَ تِجَارَةً حَاضِرَةً تُدِيۡرُوۡنَهَا بَيۡنَكُمۡ فَلَيۡسَ عَلَيۡكُمۡ جُنَاحٌ اَلَّا تَكۡتُبُوۡهَا ‌ؕ وَاَشۡهِدُوۡۤا اِذَا تَبَايَعۡتُمۡ ۖ وَلَا يُضَآرَّ كَاتِبٌ وَّلَا شَهِيۡدٌ ؕ وَاِنۡ تَفۡعَلُوۡا فَاِنَّهٗ فُسُوۡقٌ ۢ بِكُمۡ ؕ وَ اتَّقُوا اللّٰهَ‌ ؕ وَيُعَلِّمُكُمُ اللّٰهُ‌ ؕ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمٌ
 
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu melakukan utang piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Janganlah penulis menolak untuk menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkan kepadanya, maka hendaklah dia menuliskan. Dan hendaklah orang yang berutang itu mendiktekan, dan hendaklah dia bertakwa kepada Allah, Tuhannya, dan janganlah dia mengurangi sedikit pun daripadanya. Jika yang berutang itu orang yang kurang akalnya atau lemah (keadaannya), atau tidak mampu mendiktekan sendiri, maka hendaklah walinya mendiktekannya dengan benar. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi laki-laki di antara kamu. Jika tidak ada (saksi) dua orang laki-laki, maka (boleh) seorang laki-laki dan dua orang perempuan di antara orang-orang yang kamu sukai dari para saksi (yang ada), agar jika yang seorang lupa, maka yang seorang lagi mengingatkannya. Dan janganlah saksi-saksi itu menolak apa-bila dipanggil. Dan janganlah kamu bosan menuliskannya, untuk batas waktunya baik (utang itu) kecil maupun besar. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah, lebih dapat menguatkan kesaksian, dan lebih mendekatkan kamu kepada ketidakraguan, kecuali jika hal itu merupakan perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tidak ada dosa bagi kamu jika kamu tidak menuliskannya. Dan ambillah saksi apabila kamu berjual beli, dan janganlah penulis dipersulit dan begitu juga saksi. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sungguh, hal itu suatu kefasikan pada kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, Allah memberikan pengajaran kepadamu, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

portaljember.pikiran-rakyat

[news.beritaislam.org]

0 Response to "Terlilit Hutang Jangan Langsung Berdoa, Baca Ayat Ini Dulu, Pasti Segera Lunas. Begini Kata Ustadz Adi Hidayat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini