Anda Tak Hapal Bacaan Qunut? Boleh Baca Doa Singkat Ini, Begini Penjelasan Buya Yahya

Buya Yahya (Buyayahya.org)




Berita
islam
- Sholat subuh adalah salah satu ibadah sholat yang wajib dilakukan oleh setiap umat islam.

Ada perbedaan pada saat melakukan sholat subuh, yaitu membaca doa qunut dan tidak perlu membacanya.

Ada ulama yang menyebutkan bahwa membaca qunut adalah sebuah sunnah yang sangat dianjurkan, dan ada pula yang mengatakan bahwa tidak perlu membaca qunut.

Hal tersebut tentu saja disesuaikan dengan masing-masing kepercayaan pada setiap individu.

Mengikuti mahzab siapapun itu sangat diperbolehkan karena tidak ada yang salah, semuanya sama-sama benar.

Namun hal yang perlu diingat bahwa saat yakin pada satu mahzab, maka harus tetap dengan keyakinan penuh terhadap mahzab tersebut.

Jika mengikuti mahzab imam syafi'i maka disunnahkan untuk membaca doa qunut, dan termasuk ke dalam sunnah yang dianjurkan.

Dikutip PortalJember.com dari kanal YouTube Al-Bahjah TV yang diunggah pada 13 Oktober 2020, berikut penjelasan Buya Yahya tentang hal yang harus dilakukan saat tidak hafal bacaan qunut pada saat sholat subuh.

Ketika mengikuti mahzab imam syafi'i dan ternyata tidak hafal bacaan qunut, maka sebaiknya tetap dalam kondisi berdiri dan bisa menggantinya dengan bacaan lain.

Misalnya saja saat sholat subuh sendiri, ketika membaca doa qunut ternyata tidak hafal semua bacaan maka bisa ganti dengan doa lain misal doa Sapujagat (Robbana Atina Fiddunya Hasanah, Wafilakhiroti Hasanah, Waqina Adzabannar)

Meski pada dasarnya boleh tidak dilakukan, tapi sebaiknya tetap dilakukan meski dengan membaca doa lain, karena ada keutamaan yang bisa didapatkan pada saat membaca doa qunut.

Begitupun juga ketika melakukan sholat subuh berjamaah dan benar-benar diyakini bahwa imam tersebut tidak akan membaca qunut, maka dianjurkan untuk tetap membaca qunut sendirian namun harus dipercepat.

Jika melakukan itu tentu saja tidak akan membatalkan sholat, karena memang pada dasarnya sudah menjadi sunnah dalam sholat subuh.

Maka dari itu, saat tidak hafal dengan bacaan qunut bisa diganti dengan bacaan doa lainnya.***

portaljember.pikiran-rakyat

[news.beritaislam.org]

0 Response to "Anda Tak Hapal Bacaan Qunut? Boleh Baca Doa Singkat Ini, Begini Penjelasan Buya Yahya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini