Menag Yaqut Sepakat dengan Pernyataan Dudung soal Semua Agama Benar, Mengapa Nggak Pindah Agama Saja?

Menag Yaqut Sepakat dengan Pernyataan Dudung soal Semua Agama Benar, Mengapa Nggak Pindah Agama Saja?

Berita
islam
- Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Dudung Abdurachman mengajak prajuritnya untuk tidak fanatik berlebihan terhadap agama. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sepakat dengan Letjen Dudung.

"Semua yang berlebihan kan tidak baik," kata Yaqut kepada detikcom, Selasa (14/9/2021).

Fanatisme terhadap agama perlu diarahkan ke diri sendiri, bukan terhadap orang lain. Arah fanatisme ke dalam diri bisa menjadikan seseorang erat memegang keyakinannya. Namun, fanatisme tidak perlu diarahkan untuk orang lain yang berbeda keyakinan.

"Fanatik itu seharusnya untuk diri sendiri dan lemah lembut kepada orang lain, bahkan kepada yang berbeda keyakinan. Jangan dibalik, fanatik apalagi yang berlebihan diberlakukan untuk orang lain, sementara untuk diri sendiri malah lunak," tutur Yaqut.

Yaqut juga sepakat dengan pernyataan Letjen Dudung bahwa semua agama benar. Yaqut menjelaskan semua agama benar menurut pemeluk masing-masing. Ini bukan relativisme agama, melainkan toleransi.

"Ini yang sering disalahpahami sebagai relativisme. Toleransi adalah tidak menolak apa yang tidak sama dengan yang dia yakini. Relativisme itu tidak bisa menoleransi apakah pilihan seseorang itu benar atau salah. Toleransi dan relativisme berbeda," kata Yaqut. [detik]

Mengapa Nggak Pindah Agama Saja?

Mangan Pangdam Jaya yang sekarang menjabat Pangkostrad, Letjen Dudung Abdurachman dalam kunjungan kerja ke Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 9/Lang-Lang Bhuana Kostrad, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin (13/9/2021)... meminta prajurit menghindari fanatik yang berlebihan terhadap suatu agama.

"Hindari fanatik yang berlebihan terhadap suatu agama. Karena semua agama itu benar di mata Tuhan," kata jenderal yang dikenal karena menurunkan Baliho Habib Rizieq itu, Senin (13/9/2021), seperti dilansir Republika.co.id.

Menag Yaqut Sepakat dengan Pernyataan Dudung soal Semua Agama Benar, Mengapa Nggak Pindah Agama Saja?



Pernyataan Dudung ini sontak menuai tanggapan luas publik di sosial media.

"Berarti Tuhan saya dan Tuhan orang ini berbeda 🙏🙏," kata Azwar Siregar.

"Kenapa juga dia nggak pindah ke agama lain saja, kan sama saja," komen Firdaus Obgyn.

"Yang bilang semua agama sama coba praktek tiap minggu pindah agama 🤣," timpal Ahmad Zuhardi.

"Baru jadi sesuatu di dunia.. gayanya ngatur ajaran Allah🤬," ujar Annie Suharta. 

[news.beritaislam.org]

0 Response to "Menag Yaqut Sepakat dengan Pernyataan Dudung soal Semua Agama Benar, Mengapa Nggak Pindah Agama Saja?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini