Turki: Hagia Sophia Tetap Terbuka Untuk Semua Termasuk Non Muslim

Pemerintah Turki: Hagia Sophia Tetap Terbuka Untuk Semua Termasuk Non Muslim

Beritaislam - Presiden Turki  Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa pintu Hagia Sophia akan terbuka untuk semua warga Turki, orang asing, Muslim, dan juga non-Muslim seperti halnya dengan semua masjid lainnya.

Presiden Turki mengatakan Hagia Sophia akan terus merangkul semua orang dengan status barunya sebagai masjid dengan cara yang jauh lebih tulus.


Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan, meski telah berubah menjadi masjid, pintu Hagia Sophia akan tetap terbuka bagi semua kalangan termasuk orang asing dan non-Muslim. Erdogan menambahkan, umat Islam, Kristen, dan Yahudi hidup dalam damai di Istanbul sejak penaklukannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki, Hami Aksoy.

“Hagia Sophia akan terus merangkul semua orang dengan status barunya, melestarikan warisan budaya bersama umat manusia,” ujar Aksoy.

Hami Aksoy menegaskan bahwa masjid Hagia Sophia terbuka untuk pengunjung dari semua agama dan siapapun yang ingin mengenal lebih dekat bangunan bersejarah tersebut.

Baca Juga: Ini Pernyataan Erdogan Akan Bebaskan Masjid Al Aqsa Dalam Bahasa Arab

Dia menegaskan, tidak boleh ada negara manapun yang mengganggu kedaulatan Turki dalam perubahan fungsi Hagia Sophia kembali sebagai masjid.

Sebelumnya pada hari Jumat, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934, yang mengubah Hagia Sophia di Istanbul menjadi museum, dan langkah ini membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid setelah 85 tahun digunakan sebagai museum.

Erdogan mengatakan "kebangkitan Hagia Sophia" adalah pertanda pembebasan Masjid al-Aqsa, dan langkah kaki umat Islam untuk meninggalkan hari-hari yang sulit.

[news.beritaislam.org]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini