CEK FAKTA: Beredar Produk Mie Instan Dengan Varian Rasa Saksang Babi

Mie Instan Dengan Varian Rasa Saksang Babi

Beritaislam - Beredar foto yang memperlihatkan kemasan mie instan produksi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, bermerk Indomie. Pada foto seolah terdapat produk mie instan dengan varian “Rasa Saksang Babi”.

Adalah akun Facebook Falah Ipay yang mengunggah foto tersebut pada Selasa 21 Juli 2020. Pada unggahannya, pemilik akun menambahkan narasi bertuliskan sebagai berikut:

“Indomie seleraku Rasa babi emmm endull”

Cek Fakta: Beredar Produk Mie Instan Dengan Varian Rasa Saksang Babi

Penelusuran:

Dari hasil penelusuran, klaim bahwa ada foto produk Indomie Rasa Saksang Babi adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah hasil suntingan. Dilansir situs periksa fakta Turnbackhoax.id, foto asli tersebut adalah produk Indomie dengan varian Rasa Soto Medan. Foto asli diunggah pada situs jual beli Tokopedia oleh akun KEDAI HARIAN ETEK dengan judul “INDOMIE RASA SOTO MEDAN”.

Mie Instan Dengan Varian Rasa Saksang Babi

Foto tersebut identik dengan foto yang sudah diedit. Kemiripan gambar dapat dilihat dari latar belakang dan tanggal kedaluwarsa produk di foto tersebut yang itu "28 01 20".

Pada senin, 20 Juli 2020, pihak PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk membuat klarfikasi. Pihak Indofood menegaskan bahwa informasi yang beredar tersebut adalah hoaks. Indofood hanya memproduksi produk halal.

Hal itu disampaikan melalui akun media sosialnya. Pihak Indomie juga menegaskan, komitmennya bahwa seluruh produk Indomie halal dan aman dikonsumsi. Berikut secara lengkap klarifikasinya:

“Hai Indomielovers!

Kami berkomitmen bahwa seluruh produk Indomie sudah mendapatkan sertifikasi HALAL dari MUI agar aman dan halal dikonsumsi, jadi kamu ngga perlu khawatir. Kami selalu memastikan keamanan & kehalalan produk Indomie selalu terjaga, demi kenyamanan kamu.”

Kesimpulan:

Klaim bahwa ada foto produk Indomie Rasa Saksang Babi adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah hasil suntingan.

Informasi itu masuk dalam kategori hoaks jenis kategori hoaks jenis Manipulated Content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

[news.beritaislam.org]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini