Asyari Usman: Kenapa Banyak yang Mual Mendengar Pelantikan Jokowi?

Asyari Usman: Kenapa Banyak yang Mual Mendengar Pelantikan Jokowi?

Beritaislam - By Asyari Usman

Dia teman lama saya. Namanya , Mardi. Pagi tadi datang ke rumah. Sekitar pukul 08.15. Tujuannya cuma silaturahmi saja. Sudah lama kami tidak bertemu. Kami pun saling bertanya kabar.

Dari obrolan menit-menit pertama, saya tak melihat ada tanda-tanda percakapan akan bergeser ke soal pelantikan Jokowi-Ma’ruf, 20 Okrober, kemarin. Tapi, entah bagaimana, subjek obrolan sampai juga ke situ.

“Saya kemarin sama sekali tidak hidupkan televisi, Pak,” kata Mardi. “Entah kenapa Pak, betul-betul muak dan mual saya mendengar pelantikan Jokowi itu.”

Dia mengatakan, rasa muak dan mual itu tidak hanya dia saja yang mengalaminya. Banyak tetangga dan kolega sekantornya yang juga merasa seperti itu.

“Saya pikir, saya sendiri saja. Rupanya banyak juga orang lain yang merasakan seperti itu,” kata Mardi.

Menurut Mardi, dia bertanya ke sejumlah orang apakah mereka menonton siaran langsung pelantikan Jokowi. Siapa saja yang dikenalnya, dia tanya.

“Ternyata mereka pun mematikan televisi kemarin,” tambah Mardi.

“Alasan mereka sama, Pak. Rata-rata mengatakan lubuk hati menolak untuk menyaksikan siaran pelantikan itu,” ujar pegawai yang kini berusia sekitar 48 tahun itu.

Saya mencoba menggali ‘rasa tak enak’ Mardi. Apa yang menyebabkan dia merasa mual. Apakah, misalnya, karena dia bukan pendukung Jokowi?

Menurut teman lama ini, dulu pun banyak orang yang apatis terhadap Presiden Soeharto. Termasuk dia juga. Tapi, kata Mardi, “Perasaan mual saya terhadap Soeharto tidaklah sampai seperti sekarang ini.”

Saya tanya, kenapa sampai begitu sekali. Dia agak susah menjelaskannya. Mardi menggerakkan tangannya di depan dadanya dengan jari terbuka. Dari dada dia gerakkan ke atas, terus ke dekat mulutnya. Sebagai isyarat akan mengeluarkan sesuatu dari mulutnya.

Saya langsung paham. Dia merasa mual.

Tapi, kenapa banyak yang mual mendengar pelantikan Jokowi? []

21 Oktober 2019


[news.beritaislam.org]

0 Response to "Asyari Usman: Kenapa Banyak yang Mual Mendengar Pelantikan Jokowi?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini