Quotes Menyentuh BJ Habibie tentang Islam, Salah Satunya Imtak dan Iptek






Bj Habibie quotes

Beritaislam - Kabar duka ini membuat sedih seluruh rakyat Indonesia. Sebab sosok BJ Habibie begitu dikagumi sehingga setiap orang pasti terkenang. Termasuk terkenang quotesnya tentang Islam.

Apa saja quotes tersebut


1. Memilih Islam

Saat melakukan kunjungan ke Kairo, Mesir beberapa tahun silam, Habibie mengeluarkan sebuah pernyataan menarik ketika diberikan kesempatan untuk berpidato. Ia mengaku akan memilih Islam bila dihadapkan oleh dua pilihan antara agama dan ilmu teknologi.

“Saya diberi kenikmatan oleh Allah SWT ilmu teknologi sehingga saya bisa membuat pesawat terbang, tapi sekarang saya tahu bahwa ilmu agama lebih manfaat untuk umat Islam. Kalau saya disuruh milih antara keduanya, maka saya akan memilih ilmu agama,” tutur BJ Habibie dalam pidatonya ketika melakukan kunjungan di Kairo, Mesir.

2. Islam harus kembali jadi pemimpin di dunia sains

Dalam salah satu bukunya, B.J. Habibie mengungkapkan bahwa sudah saatnya umat Islam kembali menjadi pemimpin di dunia sains karena itu adalah pencapaian yang nyata.

“Berdasarkan pengalaman sejarah dan peradaban umat manusia, yang lebih penting bagi umat Islam saat ini adalah tidak lagi sibuk membahas kebesaran yang dicapai umat Islam di masa lalu, atau berdebat siapa yang pertama kali menemukan angka nol, termasuk nomor, satu, dua, ketiga, dan seterusnya, sebagai kontribusi umat Islam dalam penuliskan angka di era modern ini dan fondasi serta perkembangan peradaban di seluruh dunia. Tetapi bagaimana umat Islam akan mendapatkan kembali kepemimpinan dan kontrol sains dan teknologi, memimpin kembali dan menjadi pemimpin di dunia sains dan peradaban, karena itu merupakan pencapaian nyata,” tutur pria bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie dalam salah satu bukunya.

3. Keseimbangan imtak dan iptek

Beberapa tahun lalu, B.J. Habibie juga sempat mengingatkan pentingnya keseimbangan iman dan takwa (imtak) dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Menurutnya, kedua hal tersebut salah berhubungan erat dan tidak dapat dipisahkan.

"Saya katakan kalau Tuhan YME memanggil saya dan saya disuruh memilih antara 100 persen imtak atau 100 persen iptek, yang saya pilih adalah 100 persen imtak. Tapi, kalau saya boleh pilih, saya mau dikasih dua-duanya agar seimbang," ujar Habibie saat diwawancara oleh awak media.


[news.beritaislam.org]
Banner iklan disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Quotes Menyentuh BJ Habibie tentang Islam, Salah Satunya Imtak dan Iptek"

Post a Comment