Kata Ngabalin: Desain hingga Onderdil Esemka Kreasi Anak Indonesia

Kata Ngabalin: Desain hingga Onderdil Esemka 100 Persen Kreasi Anak Indonesia

Beritaislam -   Partai Gerindra menuding mobil Esemka menggunakan komponen yang didatangkan dari China dan pabrik Esemka hanya jadi tempat perakitan. Pihak Istana membantah dengan menyebut bahan dasar pembuatan mobil berasal dari dalam negeri.

"Esemka, brand, dan komponen dasar, desain, dan sparepart (onderdil) oleh anak Indonesia. PT Solo Manufaktur Kreasi itu perusahaan swasta 100 persen anak negeri Indonesia," ucap Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi, Sabtu (7/9/2019).

Bagi pihak yang meragukan, Ngabalin menyarankan untuk datang langsung ke pabrik di Boyolali, Jawa Tengah. Mereka bisa melihat proses pembuatan mobil tersebut.

"Mesti datang ke Boyolali untuk dilihat. Kenapa begitu, karena bahan kan dari Krakatau Steel, industri baja diambil dari Krakatau Steel. Kemudian modal, jangan lupa sparepart digunakan dari pasar (lokal) kan. Itu sebabnya teknologi umum, kalau kayak Esemka itu tidak gunakan sistem komputerisasi rumit," kata Ngabalin.

Ngabalin tidak bisa menjelaskan secara spesifik proses produksi mobil Esemka. Namun dia meminta setiap politikus memberi apresiasi.

"Secara teknis harus menjelaskan, tentu sangat spesifik. Secara garis besar baik politisi dan siapa saja yang melihat produksi solo manufaktur itu karya besar yang perlu diapresiasi," ujar Ngabalin.[dtk]


[news.beritaislam.org]

0 Response to "Kata Ngabalin: Desain hingga Onderdil Esemka Kreasi Anak Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel