Disebut Terima Suap Bersama Romi, Menag Lukman Terus Diselidiki KPK






Disebut Terima Suap Bersama Romi, Menag Lukman Terus Diselidiki KPK

Beritaislam -   Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal terus mengusut tuntas dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag). Termasuk menyeret Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin jika memang terbukti secara sah ikut ambil bagian dalam kasus ini.

"Kalau ada fakta atau ada dalam putusan hakim yang menguatkan penyelidikan kita, kita berterima kasih untuk itu. Tapi, itu masih dalam tahap penyelidikan," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Dalam surat dakwaan terhadap politikus PPP Romahurmuziy alias Romi, nama Menag Lukman disebut secara bersama-sama menerima uang dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Timur, Haris Hasanuddin.

Namun, dalam surat dakwaan tersebut Jaksa Penuntut Umum KPK (JPU KPK) tidak merinci secara spesifik berapa jumlah uang yang diterima Menag Lukman.

"Ya, itu masih dalam tahap penyelidikan, kita lihat," kata Laode.

Nah, dalam pembacaan amar putusan untuk terdakwa Haris Hasanuddin, nama Menag Lukman disebut lebih spesifik sebagai pihak yang menerima uang sejumlah Rp 70 juta.

Uang tersebut diterima Menag Lukman sebagai imbal balik karena telah membantu Haris terpilih jadi Kakanwil Kemenag Jawa Timur.

Sebelumnya, Romi didakwa menerima suap Rp 325 juta dan Rp 91,4 juta dari Haris Hasanuddin. Romi bersama Menag Lukman pun didakwa secara bersama-sama menerima duit dari Haris.

“Sehingga harus dipandang sebagai perbuatan berlanjut, menerima hadiah atau janji,” kata jaksa KPK, Wawan Yunarwanto di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (11/9). [rmol]

[news.beritaislam.org]
Banner iklan disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disebut Terima Suap Bersama Romi, Menag Lukman Terus Diselidiki KPK"

Post a Comment