Balada Pemusik Tua yang Bosan Sengsara Akhirnya Jilat Penguasa






Balada Pemusik Tua yang Bosan Sengsara Akhirnya Jilat Penguasa

Beritaislam - Pengamat politik Sahirul Alem menantang musisi kawakan Virgianto Listyawan atau Iwan Fals untuk kembali menggebrak Indonesia dengan kritik terhadap penguasa, terutama terkait kondisi perekonomian yang semakin sulit.

“Iwan Fals seharusnya punya hati nurani menyuarakan kritikan sosial kepada rezim penguasa saat ini. Ia harusnya tetap independen. Kalau posisi masih mendukung Jokowi atau berpihak ke penguasa, akan ditinggalkan para pendukungya,” tegas Alem kepada intelijen (22/09).


Kata Alem, sikap Iwan Fals yang berpihak kepada penguasa akan mengurangi simpati rakyat. “Kalau saya baca di media sosial, banyak rakyat yang kecewa dengan sikap Iwan Fals saat ini,” papar Alem.
Menurut Alem, kalau musisi maupun budayawan sudah bergabung dengan penguasa menandakan, posisinya sudah ‘sangat rendah’. “Iwan Fals itu budayawan, ‘nilainya’ lebih tinggi dari presiden. Presiden yang biasanya mendatangi seorang budayawan. Namun, nampaknya Jokowi berhasil membungkam para budayawan yang dulunya kritis,” jelas Alem.

Lebih lanjut Alem berharap para seniman maupun budayawan menempatkan pada posisi independen yang selalu menyuarakan kebenaran. “Jangan sampai budayawan, seniman terkooptasi orang penguasa. Tugas mereka menyuarakan kebenaran,” ungkap Alem.

Di satu sisi, kendati aktif berkomentar di akun Twitter @iwanfals, Iwan Fals memang terlihat sepi kritik sosial. Sesekali Iwan berkomentar soal isu teranyar. “Yang ideal kondisi begini Istana Presiden pindah ke bandara ajalah. Atau presiden tinggal dikapal induk, supaya mobilitasnya tinggi, Indonesia ini luas sekali. Buset mikirin presiden jadi lupa nyinden, misi ah,” tulis ‏@iwanfals.

Seperti diketahui, Iwan Fals kini disibukkan dengan program sosialisasi pemerintahan Jokowi-JK. Salah satunya, Iwan mendapat proyek dari Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar menggandeng Iwan Fals untuk menginspirasi masyarakat desa agar bahu-membahu mewujudkan pembangunan kawasan perdesaan.

“Iwan Fals akan membantu saya memberikan ‘support’ (dukungan) pada saya, memberikan inspirasi dan pengaruh masyarakat desa,” katanya usai membuka Rapat Koordinasi Nasional Kementerian DPDTT bertemakan “Desa Membangun Indonesia”, di Jakarta, Selasa (31/03).

Sumber : intelijen.co.id

[news.beritaislam.org]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Balada Pemusik Tua yang Bosan Sengsara Akhirnya Jilat Penguasa "

Post a Comment