Wow Ternyata Ini lho Penyebab Berat Badan "Balik Lagi" Setelah Diet







Head of Health Committee Nutrifood, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC pada acara media gathering Nutrifood di Bavarian House, Bogor, Rabu (11/7/2018).(KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)

Beritaislam.org - Banyak orang melakukan diet dan berhasil menurunkan berat badan sesuai targetnya. Namun, setelah mencapai target tersebut, tak sedikit yang berat badannya kembali ke asal.

Mengapa bisa demikian? Head of Health Committee Nutrifood, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC menjelaskan fenomena yang dinamakan "yoyo diet" tersebut. Dia mengatakan, fenomena itu terjadi setelah seseorang melakukan diet secara ekstrem dengan menghilangkan secara drastis asupan makronutrien tertentu. Misalnya lemak atau karbohidrat.

"Setelah dietnya selesai atau setelah turun berat badan tertentu dia balik ke pola hidup lama." "Alhasil karena tubuhnya mengalami perubahan, jadinya malah ketika pola hidupnya balik berat badannya bertambah daripada awalnya." Demikian penjelasan Aldis saat berbincang dengan Kompas Lifestyle, Kamis (12/7/2018).

Padahal, kata Aldis, tubuh membutuhkan gizi seimbang, namun dengan porsi yang tak berlebihan. Dengan dihilangkannya satu makronutrien tertentu, metabolisme tubuh akan berubah. Apalagi, jika sebelumnya orang tersebut biasa mengonsumsi makronutrien yang dihilangkan, akan timbul faktor psikologis setelahnya.

"Karena cenderung enggak biasa tanpa nasi, misalnya, jadi cranky dan perlu pelampiasan setelah achieve turun berat badan tertentu."

"Dia ingin self reward, akhirnya berat badan justru kembali ke yang lebih parah," ucap dia. Menurut Aldis, tak masalah jika kita ingin mengikuti tren diet yang sedang ramai dibincangkan.

Namun, ia mengingatkan, ada pola makan sehat yang mampu membantu kita menurunkn berat badan tanpa harus memangkas asupan makann terlalu ekstrem.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan:

1. Mengimbangi suatu pola diet dengan olahraga untuk menjaga metabolisme tubuh tetap tinggi. "Kalau enggak olahraga, tubuh cenderung gampang buat menumpuk lemak," ujar Aldis.

2. Jangan sampai mengeliminasi salah satu jenis makanan atau makronutrien tertentu.

3. Jika ingin mengikuti tren diet tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi, jika kita memiliki masalah kesehatan tertentu.

4. Pilih pola diet paling aman, yaitu dengan cara tetap makan normal, namun dengan mengurangi sedikit demi sedikit porsi makan secara perlahan. (kompas)

[news.beritaislam.org]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: