Makjleb! Mendag Bilang Harga Telur Melonjak Gara-gara Piala Dunia, Prabowo: Mendag Kok Logikanya Bisa Error Karena Telor?







Enggartiasto Lukita (Foto: Ari Saputra)/detik

Beritaislam.org - Pernyataan Menteri Perdagangan, Enggartriasto Lukita yang menyebut lonjakan harga telur gara-gara Piala Dunia 2018, disesalkan banyak pihak.

Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Nazaruddin Sjamsudin turut menanggapi komentar menteri dari Partai NasDem itu. “Ayamnya ikut nonton piala dunia sehingga gak sempat bertelor?” sindir Nazaruddin di akun Twitter @nazarsjamsuddin menanggapi kicauan ekonom Rizal Ramli di akun @RamliRizal.

Tak kalah keras, mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Suryo Prabowo mempertanyakan alur logika Enggartiasto Lukito. “Menteri ini ini ngapain yak, logikanya koq bisa error karena telor?,” tulis Prabowo di akun @marierteman.

Sebelummnya, Enggartiasto Lukita, mengonfirmasi bahwa memang ada kaitan langsung antara Piala Dunia dengan kenaikan harga telur, terutama yang untuk konsumsi rumah tangga. Selama gelaran sepakbola dunia itu, permintaan telur memang meningkat, sebagai makanan instan untuk menemani bergadang sambil menonton sepakbola.

"Karena tengah malam itu (makan) nasgor (nasi goreng) pakai telor; internet, Indomie telur, dan kornet, pakai telur juga. Saya dulu pernah menyelinap, ada fresh telur langsung kita ambil bikin nasgor," kata Enggar (16/07).

Pihak Kementerian Pertanian sepakat dengan pernyataan Enggartiasto. Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Fini Murfiani, tidak memungkiri bahwa akibat liburan panjang hingga Piala Dunia, lonjakan permintaan telur mencapai 20-30 persen. Tingkat permintaan di masing-masing daerah memang berbeda tetapi secara umum sama, yakni karena efek Piala Dunia.

"Kalau demand (permintaan) masing-masing tiap daerah akan beda. Adanya pertandingan Piala Dunia ternyata memengaruhi, saya pikir iya juga, ya," kata Fini seperti dikutip viva (16/07).(itoday)

[news.beritaislam.org]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: