KPU Jabar kembalikan berkas caleg Nasdem, Begini Alasannya






Syarat pendaftaran tak lengkap, KPU Jabar kembalikan berkas caleg Nasdem

Beritaislam.org - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar mengembalikan berkas pendaftaran bakal calon legislatif dari partai Nasdem. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ada banyak berkas yang tidak lengkap sesuai persyaratan.

Hal itu disampaikan ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat usai melakukan pemeriksaan berkas di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (16/7).

"Formulir B1 B2 B3 peserta dan SK DPP itu enggak lengkap. Kita kembalikan (berkas pendaftaran Nasdm) semuanya," ucapnya.

"Berkas NasDem semuanya dikembalikan Bl B2 B3 dan SK DPP nya tidak lengkap otomatis ya semuanya dikembalikan," lanjutnya.

Yayat menegaskan, pihak KPU sudah melakukan sosialisasi kepada parpol mengenai syarat pencalonan yang paling penting harus ada formulir B1 B2 B3 SK kepengurusan itu mutlak harus ada.

Dengan dikembalikannya berkas pendaftaran Partai Nasdem, sejauh ini baru PKB yang sudah memenuhi syarat pendaftaran ketika menyerahkan berkas pada Minggu (15/7/2018) ke KPU.

Partai politik lain, termasuk Nasdem masih punya waktu untuk mendaftarkan bacalegnya di hari terakhir, pada Selasa (17/7/2018).

KPU sendiri, Yayat sebut sudah siap menerima pendaftaran sekitar 15 partai politik dalam satu hari. Namun, ia mengimbau kepada pengurus partai untuk mengonfirmasi waktu kedatangan ke KPU agar tidak menumpuk di satu waktu sekaligus melengkapi semua berkas persyaratan dengan lengkap.

"Jadi (partai politik) fokus saja syarat pencalonan wajib. Dan Parpol harus mau diatur jam pendaftarannya oleh KPU karena kan nanti ada sekitar 14 partai," tegasnya.

"Ya kemungkinan sisanya besok semua, kami akan siap membuka pendaftaran hingga tengah malam (00.00 WIB)," pungkasnya.[mdk]

[news.beritaislam.org]

Banner iklan disini
loading...

Subscribe to receive free email updates: