KPAI Sebut Film G30S/PKI Tidak Layak Ditonton Anak-anak





KPAI Sebut Film G30S/PKI Tidak Layak Ditonton Anak-anak

Beritaislamterbaru.org - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti menganggap film Pengkhianatan G30S/ PKI tidak layak dipertontonkan kepada anak-anak.

Film tersebut, kata dia, memuat adegan-adegan sadis dan penuh kekerasan. Salah satunya saat para perwira militer diculik dari rumahnya.

“Mulai ditembaknya Jenderal Ahmad Yani oleh pasukan Tjakrabirawa hingga darah yang menetes dari tubuh Ade Irma Nasution, termasuk adegan saat anggota Gerwani menyilet salah satu wajah korban,” ujar Retno melalui keterangan tertulis, Minggu (17/9/2017).

Retno mengatakan, adegan kekerasan baik fisik maupun verbal, apalagi adegan pembunuhan, akan menimbulkan trauma buruk pada anak-anak.

Hal ini membahayakan kondisi psikologis anak-anak. Selain itu, dalam film tersebut banyak diksi yang juga mengandung kekerasan.

“Salah satu pernyataannya ‘darahmu halal jenderal’, dan diksi lain yang kemungkinan besar tidak dipahami anak-anak,” kata Retno.

Retno mengatakan, masih banyak film sejarah yang lebih mendidik dan layak disaksikan anak-anak. Film sejarah sejatinya membangkitkan rasa nasionalisme dan menstimulus cara berpikir kritis pada anak-anak.

Menurut dia, cukup banyak film-film perjuangan dan biografi para pahlawan bangsa Indonesia yang layak dipelajari serta ditonton oleh anak-anak.

Karena pertimbangan hal tersebut, KPAI mengimbau para orangtua mencegah anaknya menonton film tersebut demi kepentingan terbaik bagi anak-anak.

[Gr/www.beritaislamterbaru.org]


Banner iklan disini
loading...
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top