Penembak Dubes Rusia: Jangan lupakan Aleppo! Jangan lupakan Suriah! Selama saudara-saudara kami tidak aman, Anda tidak akan menikmati keamanan

Penembak Dubes Rusia: Jangan lupakan Aleppo!

Kementerian luar negeri Rusia menegaskan kematian duta besar mereka untuk Turki, Andrey Karlov, 62 tahun, dalam insiden penembakan di ibukota Ankara.

Karlov ditembak beberapa menit ketika sedang memberikan pidato dalam sebuah pameran foto yang disponsori kedutaan ketika seorang pria dengan setelan jas menembaknya dari belakang dalam jarak dekat beberapa kali pada Senin malam kemarin (19/12/2016).

Walikota Ankara Melih Gokcek menyatakan bahwa pelaku penembakan adalah seorang polisi berusia 22 tahun dan sedang tidak bertugas, lapor Aljazeera.

Setelah tembakan awal, penyerang mendekati Karlov saat ia terbaring di lantai dan menembaknya setidaknya satu kali lagi dalam jarak dekat, menurut seorang fotografer AP di lokasi kejadian.

Ia juga menghancurkan beberapa foto berbingkai yang tergantung untuk pameran tetapi kemudian membiarkan tamu yang tertegun keluar dari tempat tersebut, menurut laporan media lokal.

Beberapa media melaporkan bahwa sempat terjadi kontak senjata setelah Karlov ditembak. Dalam insiden baku tembak itu, penyerang berhasil dilumpuhkan dengan kondisi tewas.

Penyerang dilaporkan meneriakkan “Jangan lupakan Aleppo! Jangan lupakan Suriah! Selama saudara-saudara kami tidak aman, Anda tidak akan menikmati keamanan”, menurut sebuah rekaman yang dirilis di situs Belanda nos.nl.

“Siapa pun yang memiliki saham dalam penindasan ini akan membayarnya satu-per-satu,” teriak penyerang itu.

“Hanya kematian akan membawaku pergi dari sini.” Dia juga meneriakkan takbir sebelum berbicara dalam bahasa Turki.

Ia kemudian melanjutkan dalam bahasa Arab, dengan mengatakan: “Kami adalah keturunan dari mereka yang mendukung Nabi Muhammad, untuk jihad.”

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini