Miris, Youtuber ini Eksploitasi Anak Demi Konten dan Popularitas! Islam punya Solusinya

Foto: ilustrasi eksploitasi anak (Orami Photo Stock)

Beritaislam - Tak habis pikir, mungkin ini yang terlintas di sebagian benak para netizen melihat polah pasangan youtuber yang membawa anaknya yang masih bayi untuk naik jetski. Tentu saja hal tersebut memang sangat riskan untuk dilakukan, karena sangat membahayakan keselamatan sang bayi.

Kritikan untuk Ria Ricis dan suaminya Teuku Ryan belum berhenti. Pasalnya, pasangan satu ini mengajak bayinya Moana yang berusia 5 bulan untuk naik jetski dengan sedikit mengebut ke tengah laut.

Dalam video yang diunggah oleh Ria Ricis dalam akun Instagram pribadinya, Moana hanya digendong oleh Teuku Ryan yang mengendarai jetski. Ria Ricis dan Teuku Ryan sama-sama terlihat menggunakan pelampung, sedangkan tidak untuk bayi yang usianya belum genap satu tahun tersebut.

Tak berhenti di sana, Ria Ricis dan Teuku Ryan juga mengajak Moana bermain ATV (all-terrain vehicle) dengan menggunakan gendongan. Moana yang terlihat mengantuk di gendongan Ria Ricis pun bahkan sampai tertidur di ATV.

Kedua video tersebut banjir kritikan warganet. Hingga tulisan ini dipublikasikan, sudah lebih dari 17 ribu komentar bertengger dalam video naik jetski dengan bayi yang diunggah Ria Ricis.

Begitupun dengan video saat keluarga ini main ATV, hampir lima ribu komentar masih mengkritik Ria Ricis dan Teuku Ryan.

Banyak yang berpendapat bahwa apa yang dilakukan Ria Ricis dan Teuku Ryan sangat berbahaya untuk anak usia 5 bulan. Apalagi bayi seusia Moana belum mengerti dengan permainan yang diajak oleh kedua orangtuanya itu. (liputan6, 6/01/2023)

Bahkan beberapa media asing pun ikut menyoroti aksi youtuber yang subscriber-nya sudah mencapai 30 juta tersebut. Salah satunya adalah South China Morning Post atau SCMP, yang menyebutkan bahwa tidak ada aturan soal larangan orang tua membawa anak naik jetski. Lebih lanjut SCMP melaporkan, bahwa sebagian besar pedoman dari pabrik jetski merekomendasikan agar seluruh penumpangnya harus bisa menyentuh lantai jetski secara aman dengan dua kakinya. CNN Indonesia (10/1/2023).

Tentu saja apa yang dilakukan keduanya menunjukkan keegoisan mereka. Terlepas apapun niat mereka, namun tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut menyedot pundi pundi uang, terlebih dengan diperbincangkan sampai viral karena semakin banyak yang penasaran dengan video tersebut, semakin membuat kedua youtuber ini terkenal. Padahal jelas ini merupakan bentuk eksploitasi anak, hanya demi konten mereka rela mempertaruhkan keselamatan anak mereka, sungguh sangat miris dan memprihatinkan!

Sejatinya anak adalah harta yang berharga. Allah menitipkan kepada orang tua agar menjaga, mendidik, dan melindunginya. Anak merupakan amanah bagi orang tua. Hatinya yang suci merupakan permata alami yang bersih dari pahatan dan bentukan, dia siap diberi pahatan apa pun dan condong pada apa saja yang disodorkan kepadanya. Jika dibiasakan dan diajarkan kebaikan, dia akan tumbuh dalam kebaikan, dan berbahagialah kedua orang tuanya di dunia dan akhirat. Tetapi, jika ia dibiasakan kejelekan, niscaya akan menjadi jahat dan binasa. 

Dalam Islam, orang tua tidak hanya cukup memberikan atau memenuhi kebutuhan fisik bagi anak berupa sandang, pangan, dan papan. Tetapi orang tua harus memberikan atau memenuhi kebutuhan ruhiyah anak-anaknya dan menguatkan pemikiran anak-anaknya sehingga terbentuk kepribadian anak yang khas. Hal-hal baik yang biasa diucapkan dan dilakukan orang tua menjadi teladan utama bagi putra-putri anggota keluarga. Keluarga merupakan batu fondasi bangunan dan tempat pembinaan pertama untuk mencetak dan mempersiapkan generasi Islam yang berkualitas, generasi yang memiliki kepribadian Islam yang kuat. Tujuan hidup hanya untuk meraih Ridho Allah Ta'ala. Wallahua'lam


[news.beritaislam.org]

0 Response to "Miris, Youtuber ini Eksploitasi Anak Demi Konten dan Popularitas! Islam punya Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini Banner iklan disini
Tekan Tombol Close Untuk Menutup

Banner iklan disini