Tak Hanya Jaga Tapal Batas, Anggota TNI Ini Juga Jadi Guru Ngaji Anak-Anak di Perbatasan






Tak Hanya Jaga Tapal Batas, Anggota TNI Ini Juga Jadi Guru Ngaji Anak-Anak di Perbatasan

Beritaislam - Tugas berat dilakukan prajurit TNI Yonif Raider 600/Modang di tapal batas wilayah Indonesia di Nunukan, Kalimantan Utara, dengan perbatasan wilayah Malaysia. Selain tugas utama menjaga perbatasan, TNI juga punya tugas lain. Melakukan pembinaan seperti penyuluhan pertanian dan perkebunan, hingga menjadi guru gaji. Seperti dilakukan Sersan Satu Haris.

Menjadi guru ngaji adalah pilihan personel Satgas Pamtas itu. Tujuannya untuk memberi pembekalan agama bagi anak-anak di Desa Sei Manggaris. Desa perbatasan Nunukan dan Malaysia. Tidak hanya itu, Sertu Haris juga menjadi tenaga bantuan pendidik sekolah di pagi hari.

"Sore harinya, Sertu Haris memberikan pembekalan agama, mengajarkan anak membaca Al Quran," kata Dansatgas Yonif Raider 600/Modang Mayor Infanteri Ronald Wahyudi, Senin (9/9).

Ronald menerangkan, tidak sedikit anak usia di bawah 10 tahun yang berminat memperdalam ilmu agama. Meski dengan keterbatasan, personel pos Pamtas membangun pondok untuk anak belajar mengaji. Letaknya persis di depan pos Pamtas Sei Ular.

Tak Hanya Jaga Tapal Batas, Anggota TNI Ini Juga Jadi Guru Ngaji Anak-Anak di Perbatasan


Di pondok berukuran 2,5x4 meter ini anak-anak belajar membaca ayat suci Alquran. Tahap demi tahap tingkat demi tingkat, minat anak-anak yang awalnya hanya berjumlah 5 sampai 8 orang, terus bertambah setiap minggunya.

"Saat ini tercatat sekitar 20 anak-anak beragam usia, rajin setiap sore datang ke pos untuk menimba ilmu agama, dan mempertebal pondasi agamanya," katanya.

Ronald menerangkan, inisiatif personel Pamtas mendapat respons positif dari masyarakat perbatasan. Bahkan, TNI berencana memberikan tambahan tenaga dan bahan bacaan di pondok tempat anak belajar mengaji.

"Supaya menambah minat anak datang ke pos, untuk belajar mengaji," ungkap Ronald.

Dia menuturkan, kegiatan mengajar ngaji itu rencananya akan menjadi program tetap. Ini juga akan disosialisasikan ke seluruh jajaran pos Satgas Yonif Raider 600/Modang, agar lebih dekat dengan masyarakat sekitar.[mdk]

[news.beritaislam.org]
Banner iklan disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tak Hanya Jaga Tapal Batas, Anggota TNI Ini Juga Jadi Guru Ngaji Anak-Anak di Perbatasan"

Post a Comment