Kata Wiranto Kebakaran Hutan Riau Tak Separah yang Diberitakan


Beritaislam -  Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto telah melakukan kunjungan langsung ke Riau untuk meninjau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Kedatangannya bahkan bersama Presiden Joko Widodo dan pejabat negara lainnya.

Wiranto mengatakan, kondisi di Riau tidak separah yang diberitakan. Yakni seolah wilayah tersebut sudah penuh tertutup kabut tebal, atau kegiatan masyarakat lumpuh total.

“Ketika saya melihat dengan presiden anatara realitas dengan yang dikabarkan, dengan yang ada itu sangat berbeda. Ternyata kemarin waktu kita di Riau tidak separah yang diberitakan,” ujar Wiranto di kantor Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (18/9).

Sebagai contoh, Wiranto mengatakan, jarak pandang di Riau masih cukup baik. Penerbangan juga masih bisa berjalan. Meski begitu, memang asap masih ada, akibat kebakaran hutan yang belum sepenuhnya padam.

“Pesawat masih bisa mendarat. Jarak pandang pada saat siang masih jelas awan terlihat, yah mudah-mudahan kondisi semakin baik. kita tak perlu saling menyalahkan ini satu hal yang harus kita hadapi bersama,” jelasnya.

Wiranto mengklaim saat ini titik api di sejumlah wilayah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan sudah mulai padam. Namun, masih perlu dilakukan upaya pemadaman ekstra. Mengingat kemarau yang berkepanjangan.

“Rasio titik api itu sudah turun karena ada pemadaman yang total, tapi lahan gambut yang terbakar begitu dikasih air itu asapnya malah naik sehingga lahan-lahan seperti itu menimbulkan asap,” pungkasnya.[jpc]

[news.beritaislam.org]

0 Response to "Kata Wiranto Kebakaran Hutan Riau Tak Separah yang Diberitakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel