Gelombang Demo Tolak Pelemahan KPK Se-Indonesia, Ini Titik-titiknya

Gelombang Demo Tolak Pelemahan KPK Se-Indonesia, Ini Titik-titiknya

Beritaislam -  Demo menolak pelemahan terhadap KPK terus berlanjut. Dari ujung ke ujung, berikut ini sejumlah aksi yang mendukung KPK terus eksis dan kuat memberantas korupsi.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang menggelar demo menolak pelemahan terhadap KPK pada Senin (23/9/2019).

1. Jakarta

Di Jakarta, massa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Tuntut Tuntaskan Reformasi menyebut aksi demo di Istana Negara dan DPR akan berlangsung pada 23-24 September 2019. Mereka menolak demo tersebut ditunggangi politik.

"Kami ingin mencabut RUU KPK dengan menerbitkan perppu yang mencabut UU KPK yang disetujui oleh DPR," kata Ketua BEM UI Manik Marganamahendra saat jumpa pers di Tugu Reformasi Trisakti, Jalan Kiai Tapa, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Senin (23/9/2019).

Siang ini, massa mulai berkumpul di gedung DPR untuk menyatakan tuntutan menolak revisi R-KUHP, serta UU KPK yang baru disahkan. Namun demo di depan gedung DPR juga dihadiri massa pro-revisi UU KPK.

2. Kepulauan Riau

Demonstrasi menolak pelemahan KPK meluas hingga ke Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Mahasiswa berdemo di kantor DPRD Kepri.

Poin aspirasi yang disampaikan yakni mahasiswa menuntut DPRD Kepri menolak kedudukan KPK sebagai lembaga penegak hukum berada pada rumpun eksekutif yang dalam pelaksanaan kewenangan. Demo ini sempat diwarnai kericuhan.

3. Jawa Barat

Selain di Bintan, demo terjadi di sejumlah wilayah Pulau Jawa. Seribuan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) berdemo di gedung DPRD Kota Cirebon, Jawa Barat. Aspirasinya sama yakni menolak pengesahan UU KPK baru dan RKUHP.

Sejumlah spanduk yang berisi tuntutan dibentangkan di gedung DPRD Kota Cirebon, seperti 'Kiamat KPK', 'Diam Tak Lagi Emas', 'Petinggi Perlu Dirukiah', dan 'Reformasi Dikorupsi'.

4. Yogyakarta

Di Sleman, Yogyakarta, massa aksi Gejayan Memanggil beraksi di simpang tiga Colombo, Sleman, siang ini. Massa dari arah selatan tampak membawa keranda mayat bertulisan 'Save KPK'.

Pantauan detikcom, keranda tersebut berselimut kain putih. Kebanyakan dari mereka yang menggotong keranda tersebut mengenakan pakaian atau kaus berwarna hitam. Sejumlah spanduk dengan berbagai tulisan, seperti 'Batalkan UU KPK' dan 'Hei Anggota Dewan, Aja Mblenjani Janji', dibentangkan peserta aksi dengan tertib.

5. Jombang

Di Jombang, massa juga berunjuk rasa di depan kantor DPRD setempat dengan aspirasi mendesak Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) sebagai pengganti revisi UU KPK yang sudah disahkan DPR RI. Massa Aliansi Mahasiswa Jombang ini berasal dari gabungan sejumlah organisasi kemahasiswaan, yaitu GMNI, HMI, KAMMI, TAMARA, IKTAMA, dan Isma'u NTB. [dt]

[news.beritaislam.org]

0 Response to "Gelombang Demo Tolak Pelemahan KPK Se-Indonesia, Ini Titik-titiknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Banner iklan disini