Subhanallaah, Ikan Hiu Purba Ditemukan Berenang di Portugal






Subhanallaah, Ikan Hiu Purba Ditemukan Berenang di Portugal
Foto: newsweek.com

Moslemcommunity.net -  Spesies ikan hiu yang disebut berasal dari peradaban purba berusia 80 juta tahun yang lalu muncul lautan. Sekelompok peneliti memperoleh kejutan berupa 'fosil hidup' ketika tengah melakukan penelitian kelautan di pesisir pantai Portugal .

Dikutip dari BBC, kelompok peneliti dari Institute for the Sea and Atmosphere menangkap sebuah spesies ikan yang telah ada sejak zaman purbakala. Tidak banyak penelitian yang mampu menangkap penampakan ikan dengan nama ilmiah Chlamydoselachus anguineus yang hidup di kedalaman 500 hingga 1,5 kilometer.

Hiu purba yang hidup sejak 80 juta tahun lalu (Foto: Wikimedia Commons)

Spesies hiu berkelamin jantan ini memiliki panjang 1,5 meter ketika ditangkap di kedalaman 700 meter di perairan Portimao. Peneliti ilmu kelautan terbiasa memanggil hiu ini sebagai 'monster laut dalam'.

Para peneliti mengungkapkan bahwa ciri fisik ikan hiu ini tidak berubah sejak kehidupan mereka di zaman purba. Hiu purba yang pertama kali ditemukan pada 2004 memiliki tubuh memanjang seperti ular dan struktur gigi yang berbeda dari hewan lainnya yang kebanyakan telah melakukan mutasi mengikuti alam.

Bentuk gigi merupakan ciri fisik yang paling khas dari hewan ini. Rongga mulut hiu memiliki 300 gigi yang terbagi dalam 25 baris. Salah satu peneliti yaitu Profesor Margarida Castro dari Universitas Algavre menyebutkan bahwa gigi semacam ini berfungsi sebagai "jebakan untuk hewan seperti tentakel, ikan, dan senjata pertahanan".

Kumparan.com


Banner iklan disini
loading...
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top