About

Kebebasan pers di Indonesia sendiri telah diatur dalam undang-undang. Ada dua undang-undang yang mengatur kebebasan pers, yaitu:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran

Pasal 4 ayat 1 dan 2 dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers menjelaskan bahwa kemerdekaan pers dijamin sebagai hak asasi warga negara dan pers nasional tidak dikenakan penyensoran, pembredelan, atau pelarangan penyiaran.

Dari penjelasan pasal tersebut, dapat diketahui bahwa kebebasan pers merupakan hak asasi warga negara. Artinya, tidak ada yang boleh menghalangi kegiatan pers, meskipun itu pemerintah.

Meskipun begitu, kebebasan pers bukanlah tanpa batas. Kebebasan pers tetap dibatasi agar tidak melanggar ketentuan hak asasi manusia. Kebebasan pers di Indonesia harus dilaksanakan sesuai dengan etika jurnalisme.

Tentang beritaislam.org

1. Beritaislam.org adalah media online yang tidak berafiliasi dengan kepentingan politik /kalangan tertentu atau parpol apapun dan bahkan ormas sekalipun.

2. Informasi yang dimuat di Beritaislam.org berusaha memberikan konten Islamy yang bermanfaat dan juga konten politik dan berita yang sedang aktual, sebagian konten kami mungkin dikutip dari media-media nasional lainnya dan independen lainnya terkhusus di kanal news yang beralamat di news.beritaislam.org dengan mengutip semua atau sebagian artikel yang mencatumkan link rujukannya.

3. Konten yang dimuat beritaislam.org  dapat menjadi perbandingan dan penyeimbang informasi media arus utama.

4. Media online beritaislam.org membangun kesadaran politik, memperjuangkan penegakan hukum, keadilan sosial ekonomi, kemandirian bangsa dan keutuhan kehidupan bernegara.

5. Kami sangat menjunjung tinggi terhadap nilai-nilai perbedaan atau ke-bhinneka-an dan kritis terhadap perilaku yang merusak nilai-nilai ke-bhinneka-an.

6. Beritaislam.org memberikan klarifikasi /ralat terhadap informasi yang keliru  kemudian diketahui tidak valid /hoax /berita palsu.

7. Kami berhak melakukan penyuntingan /penghapusan terhadap tulisan yang sudah dipublikasikan sesuai perkembangan fakta dan data informasi terkini.

8. Pihak terkait pemberitaan yang meminta klarifikasi /ralat dapat mengirimkan email ke beritaislamterbaru.org@gmail.com

9. Selain itu kami juga menampilkan iklan pihak ketiga sebagai pengelolaan (administrasi, server, IT) dan kontributor untuk keberlangsungan web.

__________________________________________________________________________

Tim Redaksi

Pemimpin Umum : Tsaqif Arkananta

Redaksi : 

Udin Amin
Syarif Achmad 
Baha'uddin Nur Salim
Lia Chernawati

IT: Mat Ro'ies

Kontributor

Jawa Tengah

Abdurrahman Khoirunnas
Muchlis Abdullah

Jawa Barat:

Lia Chernawati
Rafly Abdullah 

Jogjakarta:

Islamiyah
Harits Abdurrahman

Makassar

Marten Abdullah

Jawa Timur

Bakti Choiruddin

Contact Email: beritaislamterbaru.org@gmail.com