Kabar Meninggalnya BJ Habibie Jadi Sorotan Dunia

Kabar Meninggalnya BJ Habibie Jadi Sorotan Dunia

Beritaislam -  BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB. Ia mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta pada usia 83 tahun.

Kabar BJ Habibie meninggal tak hanya menorehkan duka bagi Tanah Air, tapi juga negara lain. Sejumlah media asing dunia turut memberitakan kepergiannya ke haribaan sang pencipta.

Tak hanya dimuat media Asia, tapi juga jadi sorotan sejumlah portal berita dari benua Australia, Eropa hingga Amerika.

Dari Asia, media online ternama Singapura, The Straits Times mengabarkan kepergian mendian presiden Indonesia ke-3 itu dengan tulisan bertajuk "Former Indonesian president Habibie, who described Singapore as a 'little red dot', dies aged 83".

"Mantan Presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie, yang mengizinkan reformasi demokratis dan referendum kemerdekaan untuk Timor Timur meninggal. Dia berumur 83 tahun," demikian tulis media itu seperti dikutip Kamis (12/9/2019).


Masih dari Negeri Singa, Channel News Asia, mengangkat isu tersebut dengan artikel berjudul sedikit berbeda yakni "Former Indonesian president Habibie dies, aged 83". Di dalamnya disebutkan bahwa putra mendiang, Thareeq Habibie yang mengabarkan kematiannya akibat gagal jantung.

Sementara dari Negeri Jiran, portal berita online MalayMail, memuatnya dengan tulisan "Indonesia’s Habibie, president during transition to democracy, dies".

Tak jauh berbeda, situs berita online BangkokPost mengulasnya dalam artikel "Former Indonesian president Habibie dies".

Sedangkan Negeri Panda, China mengabarkan BJ Habibie meninggal dunia melalui tulisan "Former Indonesian president B.J. Habibie dies at 83".

Australia, Eropa hingga Amerika

Melalui tulisan berjudul "Former Indonesian president B.J. Habibie dies at 83", laman berita online dari Australia, smh.com.au, memberitakan meninggalnya presiden Indonesia ketiga yang hanya menjabat selama 16 bulan.

"Meskipun menjabat sebagai presiden hanya selama 16 bulan, Habibie akan dikenang oleh orang Indonesia terutama karena mendorong reformasi demokrasi dan ekonomi (selama Krisis Keuangan Asia) dan berkembangnya pers yang bebas setelah bertahun-tahun pemerintahan otokratis di Indonesia," tulis media itu.

"Dia juga akan dikenang di Australia dan di seluruh dunia karena mengizinkan Timor Lorosa'e mengadakan referendum kemerdekaan pada 30 Agustus 1999...".

Dari Inggris, Reuters memuatnya dengan tulisan panjang yang diberi judul "Indonesia's Habibie, president during transition to democracy, dies".

Lalu dari Amerika, portal berita online Bloomberg, mengangkatnya dengan "Habibie, Indonesia President During Asian Financial Crisis, Dies". Tak jauh berbeda dengan ulasan situs The Washington Post yang dibubuhkan tajuk "Former Indonesian President Habibie dies at age 83".

Sedangkan agensi berita dari Negeri Paman Sam, Associated Press (AP), mengangkatnya melalui artikel "Family says former Indonesian President B.J. Habibie, who introduced political reforms, has died at age 83".

Meninggal Akibat Gagal Jantung

BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu 11 September 2019. Kabar tersebut disampaikan anak keduanya, Thareq Habibie.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof dr Azis Rani dalam keterangan resminya menyebut bahwa Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Ia ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Sebelumnya, BJ Habibie sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung.

Karangan Bunga membanjiri kediaman Presiden ke-3 Republik Indonesia, Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII, Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019) malam. Pengirimnya dari sejumlah tokoh.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, karangan bunga tertata rapih di pelatan rumah BJ Habibie.

Beberapa di antara terpampang nama-nama besar seperti Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesdan, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, hingga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Seluruh karangan bunga menghiasi kediaman BJ Habibie dan sekitarnya. Wanginya sangat semerbak menyengarkan hidung.

Mendiang BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis 12 September 2019.

Dia akan dikebumikan di samping makam almarhumah istrinya, Ainun Habibie.

"Kami koordinasi dengan garnisun, sudah disiapkan slot di sebelah almarhumah Ibu Ainun Habibie dan seingat saya di 120 dan 121," kata Mensesneg Pratikno dalam jumpa pers hari Rabu.

Dia mengatakan, terus melakukan persiapan upacara pemakaman BJ Habibie. Upacara pemakaman akan dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Tolong mohon doanya supaya persiapan bagus, dan juga berdoa untuk almarhum, semoga husnul khotimah," kata Pratikno. [lpt]

[news.beritaislam.org]

0 Response to "Kabar Meninggalnya BJ Habibie Jadi Sorotan Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel